• MyPassion

Trump Ancam Cabut Perlakuan Khusus 124 Produk RI yang Masuk AS

11 Jul,2018

Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberi warning perang dagang ke Indonesia terkait hubungan dagang. AS saat ini tengah mengevaluasi produk asal Indonesia yang selama ini diberi perlakuan khusus. 

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bidang Hubungan Internasional dan Investasi Shinta Widjaja Kamdani menyebut saat ini Trump sedang mengevaluasi sekitar 124 produk.

GSP (The Generalized System of Preferences/Sistem Preferensi Umum) kita sedang di-review, dan ada sekitar 124 produk dan sektor yang saat ini sedang dalam review, katanya di Jakarta, Kamis (5/7/2018).


Dari 124 produk asal Indonesia yang sedang direview Trump diantaranya kayu plywood, cotton, dan lain sebagainya. Sementara dia menyebut tekstil tidak termasuk di dalamnya.

Tekstil sih sebenarnya nggak masuk dalam 124 itu ya, tapi dia juga kena akan direview secara menyeluruh untuk lebih mendapatkan manfaatnya. Lalu juga ada produk-produk pertanian, udang dan kepiting kalau nggak salah, lanjutnya.


Indonesia dan AS pun sedang mengupayakan hubungan diplomasi membahas mengenai masalah tersebut. Pasalnya, jika GSP ini dihilangkan maka bea masuk ekspor produk Indonesia ke AS lebih mahal.

Itu yang jadi kuncinya, karena kalau kita kehilangan GSPnya, kita ekspor kesana akan lebih mahal karena tarifnya lebih tinggi, tambahnya.(dna/dna)


https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4100717/trump-ancam-cabut-perlakuan-khusus-124-produk-ri-yang-masuk-as

Powered by.
Tentang.

Diawali dengan lahirnya GAFEKSI /INFA (Gabungan Forwarder dan Ekspedisi Seluruh Indonesia / Indonesian Forwarders Association) pada 25 Juli 1989 sebagai satu- satunya asosiasi yang mengembangkan industri jasa FF dan Kepabeanan di Indonesia