Proyek MNP (Makassar New Port) Tahap I Rampung Akhir Maret 2019

Proyek MNP (Makassar New Port) Tahap I Rampung Akhir Maret 2019

Pembangunan Makassar New Port tahap pertama (1-A) saat ini sudah mencapai 99 persen penyelesaiannya. Diperkirakan akhir Maret 2019 ini, Makassar New Port tahap pertama akan selesai.

“Dengan demikian keberadaannya akan dapat dioptimalkan. Hanya dua unit kapal petikemas yang dapat dihendel oleh MNP ini, dengan ukuran panjang masing-masing 150 meter (LOA),” kata Direktur Utama PT MNP, Eddy Nursewan.

Ditekankan oleh Eddy Sursewan yang pernah menjabat sebagai Sekper Pelindo IV dan GM Samarinda, bahwa Proyek Makassar New Port tahap pertama atau 1-A sudah mencapai 99 persen.

Proyek tersebut dipastikan rampung pada bulan Maret 2019 dengan panjang dermaga untuk tahap pertama ini 320 m dengan luas 22 Ha. Dengan begitu nantinya pelabuhan ini akan memiliki kapasitas penumpukan peti kemas mencapai 800.000 TEUs per tahun.

Dengan kemajuan pembangunan yang telah mencapai 99%, pihak Pelindo IV optimistis bahwa pembangunan salah satu proyek strategis nasional di Kawasan Timur Indonesia (KTI) ini dapat selesai tepat waktu.

Dikatakan oleh Eddy, bahwa proyek pelabuhan ini dibagi dalam beberapa tahap. Hingga tahun 2032 nanti, Makassar New Port direncanakan memiliki dermaga total sepanjang 2184 meter dan luas lapangan penumpukan 106 Ha, sehingga total kapasitas terpasang sebesar 5 juta TEUs per tahun.

MENDESAK

Sementara itu, Direktur Kepelabuhanan Kementerian Perhubungan, M. Tohir mengatakan, bahwa pembangunan pelabuhan ini sangat mendesak dibangun karena terminal peti kemas Makassar yang ada, diprediksi sudah tidak mampu menampung lagi hingga dua tahun ke depan.

Untuk memastikan pekerjaan pembangunan Makassar New Port tahap 1-A tepat waktu sekaligus merencanakan lanjutan pembangunannya, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar menyelenggarakan kegiatan Monitoring Pembangunan Makassar New Port.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Rahmatullah, di Swiss-belhotel International Makassar, beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membahas kemajuan pembangunan tahap I-A dan Rencana pembangunan tahap I-B, I-C, dan I-D di Makassar New Port serta Finalisasi Revisi Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

Adapun pembangunan Makassar New Port tahap I-B dan tahap I-C telah siap dibangun dan saat ini masih menunggu ijin konsesi tahap I-B dan I-C serta proses pengajuan penambahan alat kerja pengerukan dan reklamasi serta permohonan perpanjangan ijin keruk.

http://portmediaonline.com/index.php/2019/03/14/proyek-mnp-makassar-new-port-tahap-i-rampung-akhir-maret-2019/


Share this Post: