Ini Stimulus Anti Corona Usulan ALFI

Ini Stimulus Anti Corona Usulan ALFI

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia (ALFI) telah menyampaikan kepada pemerintah terkait dengan sejumlah stimulus ekonomi jangka pendek dalam mengantisipasi virus corona (Covid-19).

Ketum ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi menyatakan dalam rangka mengatisipasi efek virus corona, maka pelaku memerlukan percepatan kemudahan impor bahan baku tujuan ekspor dan segera mendorong terealisasikannya National Logistics System (NLE).

Selain itu perlu pula mendorong optimalisasi dan efisiensi distribusi hasil pertanian dan perkebunan dalam negeri dan percepatan integrasi sistem digitalisasi transaksi impor ekspor (cross border). Sementara itu, stimulus domestik dalam janga menengah melalui pemberian kemudahan izin usaha investasi dan perpajakan bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

Sangat efektif jika melalui percepatan dan kemudahan bahan baku industri manufaktur bertujuan ekspor produk akhir, jelasnya, Minggu (15/3/2020).

Dia menjelaskan pada awal 2020, seluruh elemen pebisnis bersama-sama dengan pemerintah, masuk dalam optimisme dan sangat dikagetkan dengan kehadiran virus yang mewabah tersebut.

Yukki mengatakan, berbagai analisa memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 diasumsikan dikisaran 4,9 persen sampai 5,3 persen dikarenakan perang dagang yang belum berakhir, ditambah juga seluruh bursa saham di dunia mengalami pelemahan termasuk indonesia.

Di satu sisi, imbuhnya, kendati sektor rill mengalami situasi yang memberikan dampak positif seperti parawisata, UKM maupun ritel, nyatanya juga tidak mampu terlepas dari pengaruh virus Corona tersebut.

sumber: https://ekonomi.bisnis.com/read/20200315/98/1213533/ini-stimulus-anti-corona-usulan-alfi-

Share this Post: