Menhub Pastikan Harga Tiket Pesawat LCC Turun untuk Semua Rute

Menhub Pastikan Harga Tiket Pesawat LCC Turun untuk Semua Rute
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan tiket pesawat untuk angkutan niaga berjadwal berbiaya murah atau low cost carrier airlines alias LCC bakal turun harga untuk semua rute. Penurunan harga tiket pesawat ini berlaku pada jam-jam khusus.
 
“Semua, semua rute,” ujar Budi Karya kala ditemui seusai menggelar rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantor Kemenko Maritim, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Juli 2019. 
 
Budi Karya tidak mendetailkan perihal sanksi yang akan diberikan bila maskapai tak kunjung menurunkan harga. Kala ditanya seputar ganjaran bagi maskapai, Budi Karya memilih diam saja. 
 
Pemerintah sebelumnya telah mengevaluasi kebijakan penurunan tarif batas atas harga tiket pesawat yang bulai diberlakukan pada 20 Juni lalu. Dalam rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, pemerintah dan stakeholder menyepakati harga tiket LCC akan turun hingga 50 persen dari TBA dengan skema diskon. 
 
Diskon itu akan berlaku mulai Kamis, 4 Juli 2019. Namun, potongan harga ini hanya berlaku untuk penerbangan hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pada pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. 
 
Dihubungi terpisah, Direktur Niaga PT Garuda Indonesia Persero Tbk Pikri Ilham memastikan entitasnya akan memenuhi imbauan pemerintah. “Kami mulai turunkan harga tiket Kamis nanti,” ucapnya kala dihubungi Tempo pada Selasa, 2 Juli. 
 
Pikri menjelaskan, tarif angkutan penerbangan yang bakal turun ialah untuk maskapai Citilink Indonesia, yang merupakan maskapai LCC dari Garuda Indonesia Group. Adapun untuk melorotkan harga tiket pesawat, perusahaannya mengaku menggelontorkan subsidi. Subsidi tersebut sebelumnya juga disokong pemerintah dan perusahaan aviasi lainnya, seperti operator bandara.


Share this Post: